Genset Rumahan

Memiliki generator set untuk industri rumahan atau kebutuhan rumah tangga memang sudah dianggap penting. Apalagi jika mempertimbangkan kebutuhan listrik di zaman modern. Namun demikian, membeli genset rumahan tidak boleh dilakukan secara sembrono. Mengingat lokasi dan juga daya yang cenderung terbatas. Berikut pertimbangan yang harus Anda ketahui.

Pertimbangan Dalam Membeli Generator Set Untuk Rumah

Genset Rumahan

Daya Atau Kapasitas

Perlu Anda ketahui bahwa tidak sedikit yang akan menyarankan memilih tipe portabel atau genset mini untuk kebutuhan rumah. Hal tersebut berkaitan dengan bentuk dan juga mobilitas yang lebih baik. Bahkan harga yang dibanderol pun cenderung lebih rendah. Namun sayangnya, daya atau kapasitasnya pun akan lebih terbatas.

Umumnya, genset untuk rumahan tersebut memiliki kapasitas mulai dari 1KW hingga 10KW. Yang mana harus disesuaikan dengan penggunaan daya di rumah. Dalam hal ini, pastikan daya generator yang dipilih memiliki 10% kapasitas lebih besar. Untuk perhitungannya, Anda perlu menggunakan satuan kVa atau kilovolt ampere.

Satuan kapasitas kVa pada genset tersebut merupakan ukuran genset yang sudah ditambah dengan satuan daya dan aktif power jumlah kecil. Yang mana bisa dijadikan acuan dalam pemilihan genset rumahan. Seperti contohnya, daya listrik rumah adalah 13KW ditambah 10% menjadi 14,3KW. Dengan begitu, pilihan generator yang tepat adalah 15kVa.

Tipe Dan Jenis Mesin Genset

Berlanjut pada jenis mesin dan tipe. Secara garis besar, tipe generator terbagi menjadi dua, yakni open dan silent. Open atau terbuka memiliki tampilan tanpa penutup, sehingga cenderung lebih berisik. Sedangkan untuk tipe silent, kerangka yang digunakan memiliki bentuk boks atau kanopi yang berperan untuk meredam suara dan meningkatkan keamanan.

Tentu saja harganya berbeda, tipe silent kerap dibanderol dengan harga lebih tinggi karena bentuk dan juga daya. Sedangkan untuk tipe open atau terbuka, cenderung lebih ramah kantong. Perhatikan juga jenis mesinnya, pasalnya Anda punya dua opsi genset, yakni mesin bahan bakar bensin atau mesin diesel dengan bahan bakar solar.

Cara Dan Baterai Starting

Genset Rumahan

Sayangnya masih banyak yang belum mengerti akan pentingnya baterai starting. Padahal, dalam rangkaian perangkat genset rumahan, komponen ini akan mempengaruhi kinerja suatu produk. Jika Anda membeli genset untuk rumah secara asal, bisa saja komponen baterainya tidak asli atau bahkan dalam kondisi buruk.

Perlu Anda ketahui jika baterai lead acid ini bertugas untuk membantu mengaktifkan mesin. Masa kerjanya bisa mencapai angka 2 – 3 tahun, yang kemudian membutuhkan penggantian dengan komponen baru. Jika Anda menemukan baterai tersebut memiliki berat di bawah 1.260, maka perlu di isi ulang karena kondisinya sudah mulai melemah.

Ketersediaan Spare Part

Tidak ada salahnya untuk memilih produk dengan brand terkenal, pasalnya ketersediaan spare partnya cenderung baik. Baik itu genset tipe silent atau open, terkenal, murah, atau mahal, pastikan komponen suku cadang lain tersedia. Hal tersebut penting, karena mesin akan butuh perawatan rutin agar menghindari kerusakan.

Untuk membuang rasa ragu akan suku cadang, maka disarankan untuk membeli dari distributor genset rumahan resmi. Seperti contohnya adalah Era Genset Indonesia, yang menyediakan berbagai jenis suku cadang dan juga komponen lainnya. Seperti clamp, radiator, fuel system, pendingin, dan masih banyak peranti generator lain.

Pada umumnya, generator set yang digunakan untuk kebutuhan industri kecil atau rumahan hanya memiliki daya yang terbatas. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan jenis portable, dengan tipe open atau silent karena lebih unggul dalam mobilitas. Meski demikian, ada baiknya Anda membeli di distributor resmi agar komponen utama dan suku cadang terjamin kredibilitasnya.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *