Cara Mengatasi Genset Bensin Yang Mati

Generator set atau yang sering disebut genset telah menjadi salat satu peralatan wajib bagi masyarakat guna pemenuhan kebutuhan listrik, terutama ketika aliran listrik PLN terhenti. Berbagai macam jenis atau tipe genset pun banyak beredar di pasaran, salah satunya yaitu genset bensin terbaik. Generator set yang satu ini banyak digunakan oleh masyarakat, salah satu alasannya yaitu karena harganya yang cenderung lebih murah. Perawatan serta penggunaannya juga dinilai tidak terlalu sulit. Lalu bagaimana jika genset bensin ada bermasalah dan tidak dapat digunakan? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Bersihkan busi pada mesin

Busi yang berkerak bisa juga menjadi alasan mengapa mesin genset bensin tidak dapat dihidupkan. Sehingga perlu untuk dibersihkan agar mesin bisa berjalan normal. Caranya yaitu dengan melepas busi, kemudian bersihkan dengan menggunakan amplas sampai tidak ada lagi kerak atau kotoran. Namun jika mesin genset tetap tidak bisa digunakan, lebih baik anda mengganti busi mesin dengan yang baru.

  1. Membersihkan karburator

Adanya endapan kotoran yang terdapat pada karburator, juga dapat mengakibatkan genset tidak bisa dinyalakan. Maka sebaiknya anda melakukan pembersihan dengan melepas tiap bagiannya, kemudian bersihkan menggunakan bensin. Setelah dirasa benar-benar bersih, pasang kembali tiap komponen tersebut di tempat semula.

  1. Memastikan kabel masa terhubung dengan baik

Kabel masa merupakan kabel yang menghubungkan CDI sampai saklar on/off, biasanya terdapat dibagian bawah tangki bensin, serta dibungkus dengan bahan anti panas. Terputus atau terkelupasnya kabel ini lah, yang juga bisa menjadi alasan mengapa genset bensin tidak bisa dinyalakan. Sehingga ketika menemukan kabel ini terputus dan terkelupas, maka sambunglah serta bungkus kembali dengan isolatip atau bahan yang anti panas.

  1. Bahan bakar yang cukup

Kehabisan bahan bakar mungkin menjadi penyebab yang sering terlupakan oleh sebagian orang. Sehingga pastikan bahan bakar dalam keadaan terisi dan cukup untuk kebutuhan listrik anda. Selain itu pastikan pula kran bensin dalam posisi on atau terbuka. Anda juga bisa melakukan pengecekan pada bahan bakar, apakah tercampur dengan air atau tidak, karena alasan tersebut sering kali juga membuat mesin sulit untuk dihidupkan.

 

 

 

 

 

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *